Assalamualaikum
Mail Merge adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar
“Mailings” pada Microsoft Word. Dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat
database dokumen. Misalkan kita membuat Sertifikat untuk 100 orang. Bukan
berarti kita harus menulis surat sejumlah 100 buah untuk 100 Sertifikaat. Kita
cukup membuat satu buah surat, dan untuk mengisikan nama dan alamat yang berbeda
untuk tiap sertifikat. Kali ini kita akan belajar untuk membuat sertifikat
penghargaan untuk peserta sebuah seminar. Kita akan memasukkan nama dan asal
sekolah secara otomatis menggunakan Mai.
Pertama, kita buat format halaman sertifikat menggunakan
Microsoft Word. Perhatikan contoh berikut ini: Perhatikan bagian nama dan
asal sekolah kita biarkan kosong karena kita akan mengisinya secara
otomatis menggunakan Mail Merge.
Langkah berikutnya adalah membuat
daftar nama yang akan kita isikan pada sertifikat tersebut. Klik pada menu
Mailings > Start Mail Merge. Akan muncul pilihan di sisi kanan, pilih
Letters > Next : Starting document.
Kemudian pilih: Use the current
document > Next: Select Recipients.
Karena kita belum membuat
daftar nama penerima dan akan membuat yang baru, maka pilih: Type a new
list > Create. Akan muncul jendela New Address List. Pada tahap ini
telah disediakan data default antara lain Title, First Name, Last Name,
dst. Karena kita hanya akan mengisi nama dan asal sekolah, maka kita akan
menghapus semuanya dan membuat yang baru. Klik Customize Columns.
Hapus semua yang ada di Field
Names menggunakan tombol Delete.
Kemudian tambahkan Nama dan Asal
Sekolah dengan mengklik tombol Add kemudian OK.
Sekarang kita dapat mengisi data
Nama dan Asal Sekolah, untuk menambahkan data klik New Entry. Cobalah isi
beberapa data agar nanti dapat terlihat efek dari Mail Merge.
Jika sudah selesai mengisi data,
klik OK dan akan muncul jendela pengatan untuk menyimpan file list nama
ini, sebagai contoh kita simpan dengan nama daftar_nama, klik Save.
Untuk
menggabungkan daftar nama yang telah kita buat ke dalam sertifikat tadi,
letakkan kursor di mana kita ingin nama peserta muncul, kemudian pada menu
Mailings klik Insert Merge Field dan pilih Nama. Perhatikan gambar
berikut:
Untuk
menampilkan nama dan alamat dari daftar yang kita buat tadi, klik Preview
Result, sehingga muncul nama dan alamat yang sesuai. Anda dapat
menggunakan tombol panah ke kiri dan kanan untuk berpindah antar nama.
Sampai di sini,
kita sudah berhasil membuat Mail Merge pada Microsoft Word. Untuk mencetak
seluruh nama-nama tadi, kita tidak perlu menekan tombol print
berulang-ulang, cukup dengan satu klik kita dapat mencetak semuanya. Pada
bagian Finish & Merge pilih Print Documents.
Kita dapat mencetak seluruh dokumen sesuai banyaknya nama
yang kita isi (All), mencetak nama yang sedang muncul (Current record) atau
mencetak pada nomor urut tertentu. Demikian langkah-langkah membuat mail marge di microsoft word semoga
bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar